Wabup Harapkan DAD Sintang jadi Motor Perdamaian

oleh
Wakil Bupati Sintang, Melkianus menyampaikan sambutan saat malam Gelar Budaya Dayak Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengharapkan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang bisa menjadi motor perdamaian di Bumi Senentang agar daerah ini semakin damai dan nyaman.

Harapan itu disampaikan Wabup Sintang saat menghadiri Malam Gelar Budaya di Betang Jerora Satu pada Kamis malam, 5 Januari 2023 di Rumah Betang Jerora 1. Hadir pula Bupati Sintang Jarot Winarno.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Melkianus, DAD Sintang bisa bekerjasama dengan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang. Baik itu ormas yang berbasis suku maupun agama. Sehingga Sintang menjadi nyaman dan damai.

“Saya juga berharap agar DAD Kabupaten Sintang dibawah kepemimpinan Jeffray Edward bisa memberikan kontribusinya kepada Pemerintah Kabupaten Sintang dalam membangun daerah. DAD Sintang bisa menjaga dan melestarikan budaya dan seni yang ada. Menjaga kearifan lokal, adat istiadat kita yang ada. DAD Sintang juga bisa menjaga masyarakat adat Dayak di Kabupaten Sintang,” harapnya lagi.

Melkianus menegaskan, Pemkab Sintang mendukung kegiatan DAD Kabupaten Sintang termasuk malam gelar budaya. Ia menilai malam gelar budaya ini sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan seni budaya yang dimiliki Suku Dayak.

“Kegiatan malam ini sangat baik dan ditunggu oleh masyarakat akibat pandemi selama 2 tahun kemarin,” kata Melkianus

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang periode 2022-2027, Jeffray Edwar menyadari bahwa seni dan budaya Dayak wajib kita jaga dan lestarikan saat ini dan masa depan. “Nah Malam gelar budaya ini hanya salah satu cara untuk meletarikan budaya itu sendiri,” tegasnya.