Sekda Sintang Akui Sempat Stres saat Pandemi, Bersyukur Tak Pernah Terkonfirmasi Covid-19

oleh
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah saat menghadiri silaturahmi Natal dan Tahun Baru di BPBD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mengungkapkan kondisi dirinya saat pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk di Bumi Senentang. Bahkan ia mengaku dirinya sempat stres.

“Pada tahun 2021 terjadi berbagai bencana di Kabupaten Sintang. Kita bersyukur bisa melewatinya dengan baik. Bahkan Kepala BPBD Sintang sempat mengalami store ringan. Sebetulnya saya pun stress,” ungkap Yosepha saat menghadiri silaturahmi Natal dan Tahun Baru di BPBD Sintang, Selasa 10 Januari 2022.

Akan tetapi, kata Yosepha, dalam hatinya sempat berfikir jika stres dibiarkan, akan mempengaruhi mental pimpinan Organiasi Perangkat Daerah (OPD). “Karena memang yang mempengaruhi stress saat ini selain pandemi Covid-19 dan juga musibah banjir. Rasa mencekam luar biasa saat itu. Tapi Puji Tuhan Alhamdulillah, saya sendiri belum pernah terkonfirmasi Covid-19,” ungkapnya.

Makanya, Yosepha sangat bersyukur pada tahun 2023 kondisi semakin baik. Pandemi Covid-19 sudah berlalu dengan dicabutnya PPKM oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, pada tahun 2023 sudah ditetapkan Wakil Bupati Sintang.

“Dengan terpilihnya Wakil Bupati yakni Pak Melkianus, tugas saya jauh lebih ringan. Sebelumnya, rasanya semua tugas ada di pundak saya. Untungnya semua selalu siap membentu, mulai dari Asisten, Staf Ahli dan kepala OPD. Jadi semuanya aman,” ujarnya.

Berkaitan dengan pendanaan, kata Yosepha, saat pendemi yang terdampak adalah semua OPD. Mudah-mudahan kedepan anggaran kembali membaik. “Saya inginnya anggaran BPBD Sintang kembali seperti tiga tahun lalu. Saat itu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyiapkan dana siap pakai. Sepanjang tidak ada bencana, dana itu tidak digunakan. Ketika ada bancana bisa langsung bisa digunakan,” ujarnya.