Wabup Kukuhkan Pokja Bunda PAUD Sintang

oleh
Foto bersama usai pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sintang periode 2022-2025 di Langkau Kita, Rumah Jabatan Wakil Bupati Sintang, Selasa 10 Januari 2023.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat kepada Ny Rita Cenda Wangi yang baru saja dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Sintang,” kata Melkianus mengawali sambutannya.

Ia mengungkapkan, PAUD sampai saat di Kabupaten Sintang yang sudah mengurus izin operasional sebanyak 241 lembaga. Selama ini, apa yang sudah dilakukan dengan investasi besar di PAUD jelas memiliki argumen yang kuat. “Nah tugas kita yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak sudah terlayani oleh lembaga PAUD di wilayah kita masing-masing,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Melkianus, Bunda PAUD juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memilki akta kelahiran. Agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini.

“Selain itu, Bunda PAUD juga harus mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita. Disinyalir partisipasi orang tua saat ini sangat kecil. Cara pengasuhan yang disampaikan di PAUD jangan sampai berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan di rumah,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Melkianus menegaskan bahwa PAUD bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja. Akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing.