BPBD Sintang akan Membentuk Relawan Pemadam Karhutla di Kecamatan dan Desa

oleh
Bernhad Saragih, Kepala BPBD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Selain melakukan edukasi maupun sosialisasi Peraturan Bupati, upaya penanganan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang adalah dengan membentuk relawan pemadam ke kecamatan bahkan hingga ke desa-desa.

“Kita akan membantuk relawan pemadam kebakaran di beberapa kecamatan atau desa. Kita juga akan membagikan kaos-kaos kepada mereka. Supaya mereka punya kebanggaan menjadi relawan pemadaman karhutla,” kata Kepala BPBD Sintang, Bernhad Saragih dalam acara silaturahmi perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Selasa 10 Januari 2023. Dikesempatan itu, ia menyampaikan program kerja BPBD Sintang tahun 2023.

Ia mengatakan, pembagian kaos atau atribut untuk para relawan karhutla bukannya tanpa alasan. Mantan Camat Sungai Tebelian ini menyebut, dengan memakai atribut akan memunculkan kebanggaan tersendiri bagi mereka.

“Saya ini mantan Camat, jadi saya paham tentang pentingnya atribut untuk relawan. Dengan dibagikan antribut baju kaos dan topi saja, misalnya dengan tulisan relawan karhutla, secara spontanitas tanggung jawab mereka sebagai relawan dalam membantu penanganan karhutla akan semakin naik,” jelasnya.

Tak hanya soal atribut saja, Bernhad Saragih mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan agar para relawan pemadam karhutla bisa mendapatkan insentif.

“Nanti saya akan kita komunikasikan dengan pihak desa supaya relawan bisa diberikan insentif dari dana desa. Saya paham, di situ ada dananya,” jelasnya.