Kesbangpol Sintang Launching Aplikasi SIMANTEL

oleh
Kepala Badan Kesbangpol Sintang Kusnidar ketika launching aplikasi SIMANTEL.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang melakukan launching aplikasi Sistem Manajemen Informasi Intelejen (SIMANTEL), Rabu 11 Januari 2023. Launching dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Sintanh, Melkianus.

Kepala Kesbangpol Sintang, Kusnidar mengatakan bahwa pada bulan Desember tahun lalu pihaknya sudah mengikuti rapat di Provinsi agar semua kabupaten/kota tidak lagi menggunakan laporan situasi daerah daerah. Tapi menggunakan aplikasi SIMANTEL.

“SIMANTEL ini punya prinsip Temu Capat Lapor Cepat. Pelaksanaan SIMANTEL ini berkoloborasi, terintegrasi bersama dengan perangkat daerah, instansi vertikal dan masyarakat. Jadi ada tiga unsur pelapor dari kegiatan, yakni perangkat daerah, instansi vertikal dan masyarakat,” jelasnya.

Kemudian, tujuan SIMANTEL adalah mewujudkan jenjang kerja yang lebih cepat terhadap kewaspadaan dini di masyarakat, meningkatkan pemantauan laporan, mempermudah dan mempercepat pengumpulan data dan informasi. Serta Temu Cepat dan Lapor Cepat kepada pimpinan daerah dalam mengambil keputusan untuk pencegahan dan penanganan konflik.

“Nah, manfaatnya secara internal tentu informasi cepat dan andal, kemudian user-nya bukan hanya di kabupaten. Tapi juga Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur. Kemudian meningkatkan kinerja, semangat dan koordinasi yang baik. Secara eksternal kita ingin menyatukan pemahaman terhadap berbagai potensi yang mungkin muncul di media sosial dengan berbagai persepsi. Sehingga kita juga tidak terpancing dengan informasi yang bersifat hoaks. Kemudian terwujudnya stabilitas yang kita inginkan,” ujarnya.

Selain itu, dalam unsur aplikasi SIMANTEL ini ada pimpinan yakni pejabat yang menerima laporan yakni Gubernur melalui Badan Kesbangpol. “Jika aplikasi sebelumnya hanya sampai di Badan Kesbangpol, sekarang tidak. Jadi Gubernur langsung monitor terhadap status yang ditetapkan kabupaten/kota. Ada juga unsur admin yang dipegang Kesbangpol Provinsi. Kemudian operator yang merupakan staf Badan Kesbangpol kabupaten/kota. Selanjutnya adalah verifikator yang merupakan atasan langsung (Kepala Badan) yang akan menentukan status laporan,” jelasnya.

“Ada tiga status laporan. Hijau artinya aman. Kuning artinya waspada. Merah artinya siaga. Untuk status kuning dan merah biasanya langsung terkoneksi dengan Pak Gubernur,” ujarnya.

Dikatakan Kusnidar, ada hal yang harus dilaporkan dalam SIMANTEL. Diantaranya laporan situasi tiap hari yang punya potensi konflik, laporan Pemilu, penguatan ideologi dan pemantauan orang asing.