Kesbangpol Sintang ungkap Bantuan Parpol Naik 100 Persen

oleh
Kusnidar, Kepala Kesbangpol Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang, Kusnidar mengungkapkan bahwa banyak hal yang sudah dilakukan pada tahun 2022 lalu. Salah satunya terkait bantuan untuk partai politik. Ada kenaikan bantuan partai politik yang implementasinya tahun 2023.

“Sudah kita jalankan amanahnya, naik 100 persen bantuan untuk parpol tahun 2023. Semoga partai politik semakin semangat,” ujar Kusnidar saat Coffe Morning Perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 serta launching program aplikasi Sistem Manajemen Informasi Intelejen (SIMANTEL), Rabu 11 Januari 2023.

Namun Kusnidar berpesan pada parpol agar cepat memproses laporan pertanggungjawaban. “Hanya pesan kami, kami agak repot menunggu laporan pertanggungjawaban. Mungkin karena menjelang tahun politik membuat agak sibuk. Jadi harus diantri terus, karena pelaporan Kesbangpol Sintang ke provinsi harus cepat. Makanya kani agak sedikit mendesak kawan-kawan partai politik agar menyampaikan laporan pertanggungjawabannya,” jelasnya.

“Karena tahun lalu kami sudah menyelesaikan juga dan agak rumit terkait temuan-temuan lima tahun atau 10 tahun yang lalu, yang mana partainya sudah tidak ada lagi. Tapi kami diminta untuk mempertanggungjawabkan. Jadi kita tidak mau lagi kecolongan. Makanya kemarin kita sudah verifikasi kelayakan dan proposal, tapi pertanggungjawaban setelah menerima bantuan tetap kita tunggu sampai saat ini,” ujarnya.

Kusnidar menilai bahwa hingga saat ini semua partai politik sudah kooperatif. Hanya memang menyusun laporan pertanggungjawaban bantuan partai politik tidak mudah. Mengingat banyak hal-hal detail dan harus teliti. “Nah, ini juga kami sangat mengharapkan dukungan terkait pelaporan,” ujarnya.