99 Persen Angkutan Sembako untuk Ketungau Hulu dari Balai Karangan

oleh
Jamhur, Camat Ketungau Hulu.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Selain jarak tempuh yang lebih dekat, rusaknya ruas jalan dari Kota Sintang menuju Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, membuat masyarakat perbatasan lebih memilih melewati Balai Karangan, Kabupaten Sanggau. Bahkan mobolisasi bahan pokok untuk masyarakat perbatasan juga melewati ruas jalan tersebut.

Kondisi ini diungkapkan Camat Ketungau Hulu, Jamhur pada berita-aktual.com usai menghadiri menghadiri Rapat Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang tahun 2023 dan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024 di Pendopo Bupati Sintang, Senin 16 Januari 2023.

“Rata-rata aktivitas perekonomian terutama untuk sembako atau kebutuhan masyarakat di Ketungau Hulu bisa dikatakan hampir 99 persen mengambil ke Balai Karangan,” ungkap Jamhur.

Dikatakannya, jarak dari Sintang – Senaning bisa memakan waktu 189 kilometer. Sementara jarak dari Senaning – Balai Karangan hanya 92 kilometer. “Jadi akses ke Balai Karangan lebih dekat ketimbang harus ke Sintang. Kondisi jalan juga lebih bagus. Makanya banyak angkutan sembako banyak ke Balai Karangan,” katanya lagi.

Untuk kondisi jalan Sintang ke Ketungau Hulu mulai dari Binjai ke Pedadang, lalu melewati jalan negara, di beberapa titik memang sudah dilakukan pengerjaan. Namun di beberapa tempat, jalan dan jembatan banyak yang belum maksimal untuk dilalui kendaraan roda empat.

“Kalau menggunakan kendaraan roda dua, dari Ketungau Hulu ke Sintang memakan waktu tempuh 3 jam – 3,5 jam perjalanan. Apabila menggunakan mobil, bisa cepat tapi melewati Ketungau Tengah. Kemudian menyeberang lewat Semareh,” pungkasnya.