Hadiri Pelantikan Pengurus IPHI Sintang, Jarot Bicara Kenaikan Biaya Haji

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan sambutan saat pelantikan pengurus IPHI Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kabupaten Sintang periode 2023-2027 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Sabtu malam 21 Januari 2023. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Kalimantan Barat yang juga Wakil Gubernur, Ria Norsan.

Dikesempatan itu, Jarot mengucapkan terima kasih pada pengurus lama IPHI Sintang atas kontribusinya selama ini. Kepada pengurus baru, Jarot meminta agar menjaga merawat asrama haji yang ada.

Jarot menyampaikan bahwa ada masalah-masalah di Bumi Senentang yang memerlukan perhatian IPHI. Pertama, terkait persoalan Ahmadiyah yang ada di beberapa tempat seperti di Tempunak, dan baru-baru ini di Dedai.

Kemudian berkaitan dengan biaya haji Indonesia yang mengalami kenaikan hingga 69 juta. “Biaya haji mahal. Di Malaysia sekitar 50-an juta. Di sini 69 juta. Mahal sekali. Jangan sampai calon jamaah haji ndak jadi berangkat karena tidak mampu berangkat.

“Mudah-mudahan ada solusi terbaik dari pemerintah pusat. Inilah masalah-masalah yang harus dilihat dan jadi perhatian oleh IPHI Sintang, termasuk juga persoalan Ahmadiyah,” pesan Jarot.

Jarot mengatakan bahwa sebelumnya dirinya meresmikan Asrama Haji Sintang di Jalan Lintas Melawi. Asramanya kecil tapi indah. “Auranya ada, semuanya ada, bahkan halamannya luas. Hanya gedung serbaguna yang belum selesai. Kami mohon perhatian Pak Wakil Gubernur untuk membantu gedung serbaguna asrama haji Sintang,” pinta Jarot.

Untuk Masjid Al Amin, kata Jarot, tahun ini Pemda Sintang menganggarkan sebesar Rp 3 miliar. Sehingga total yang sudah dikucurkan Pemda Sintang untuk pembangunan Masjid Al Amin sebesar Rp 9 miliar. “Dari Pak Gubernur janjinya Rp 5 miliar. Tapi baru terealisasi Rp 1,5 miliar. Mudah-mudahan pembangunan Masjid Al Amin bisa cepat selesai. Sebelumnya Pak Gubernur berjanji akan membantu lagi, mudah-mudahan setelah ini dapat diwujudkan,” harapnya.

“Saya berharap, sebelum saya lengser pembangunan Masjid Al Amin harus sudah selesai semuanya,” harapnya.