Wabup Sintang Harapkan Program Gempatas 1 Juta Patok Berjalan Maksimal

oleh
Wakil Bupati Sintang, Melkianus menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat usai kegiatan Gempatas 1 juta patok.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus menghadiri kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gempatas) 1 Juta Patok Serentak tahun 2023 di seluruh Indonesia yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sintang, Jumat 3 Februari 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Jarora 1 Kecamatan Sintang

Melkianus menegaskan, Pemda Sintang memberikan apresiasi dan dukungan pada program Gempatas agar berjalan maksimal. Ia berharap program ini bisa dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

“Program seperti ini sangat positif ya. Supaya masyarakat dan pemerintah daerah punya kekuatan hukum atas tanah. Selama ini, salah satu yang kerap jadi masalah adalah tapal batas. Makanya kita berharap program ini berkesinambungan tiap tahun,” harapnya.

Untuk kesukseskan program Gempatas, mantan Ketua Komisi C DPRD Sintang ini meminta masyarakat turut membantu dalam proses pemasangan patok batas. Sehingga bisa berjalan maksimal dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Kepada desa-desa yang berbatasan langsung dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, saya minta masalah batas harus clear. Saya juga meminta desa-desa untuk memetakan batas tanah masyarakat dengan perusahaan. Ini penting untuk meminimalisir terjadinya konflik antara masyarakat dengan masyarakat atau perusahaan,” pesan Melkianus.

“Permintaan saya kepada para kades agar mengimbau masyatakat untuk ikut serta dalam program pemasangan patok batas. Sehingga tidak timbul masalah dikemudian hari,” harapnya.

Kepala BPN Sintang, Junaedi mengungkapkan bahwa program Gempatas 1 juta Patok merupakan program Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilksanakan karena masih marak terjadi kasus sengketa batas.