Wabup Melkianus Harapkan Penderita Gangguan Jiwa Tak Lagi Dirawat Seadanya

oleh
Wakil Bupati Sintang Melkianus ketika ikut meninjau RSJ Sudiyanto.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang Melkianus menghadiri soft opening Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sudiyanto oleh Bupati Sintang Jarot Winarno di Eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang, Selasa 7 Februari 2022.

Ia berharap, Dengan adanya RSJ Sudiyanto Kabupaten Sintang ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan kemudahan akses guna mendapatkan kesembuhan dari gangguan jiwa. “Semoga tidak ada lagi penderita gangguan jiwa di Kabupaten Sintang yang terpaksa dirawat seadanya,” harap mantan Ketua Komisi C DPRD Sintang ini.

Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto ini akan mengampu pasien dari Kabupaten Sintang, Sanggau, Melawi, Sekadau dan Kapuas Hulu. Saat ini pimpinan Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto adalah Pelaksana Tugas yakni dr. Yohanes Apo yang merupakan dokter spesialis jiwa.

“Beliau akan dibantu tim lainnya. Semuanya masih pelaksana tugas karena belum dilantik. Kami akan siapkan sekitar 20-30 orang perawat yang akan bertugas di RSJ Sudiyanto ini Mohon agar ada penambahan anggaran, untuk operasional,” pinta Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.” terang dr. Harusinto Linoh

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi menyatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat mengapresiasi upaya dan inisiasi dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam membangun rumah RSJ Sudiyanto. Ia menegaskan bahwa masalah kesehatan jiwa ini sangat penting bahkan dalam standar pelayanan minimal bidang kesehatan, salah satunya tentang kesehatan jiwa.

“Pelayanan kesehatan jiwa wajib diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakatnya. Angka gangguan emosional juga cukup tinggi yakni 10 persen dari seluruh populasi masyarakat. Dan angkanya selalu meningkat. Keberadaan rumah sakit jiwa akan memberikan dampak bagi pelayanan kejiwaan kepada masyarakat,” jelasnya.