Wabup Ungkap Anggaran Pendidikan Sintang Tahun 2023 Rp 147 M

oleh
Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengatakan bahwa anggaran pendidikan pada tahun 2023 mengalami kenaikan. Jumlahnya sebesar Rp 147 miliar. Kenaikan anggaran tersebut sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Melkianus saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sintang di Aula Kantor Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Selasa 7 Februari 2023. Turut hadir Sekda Sintang Yosepha Hasnah, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Usmandy dan Ritaudin dan banyak undangan lainnya.

Ia mengatakan, tahun 2023 memang ada perubahan anggaran yang besar secara khusus bidang pendidikan. Pemerintah pusat mengatur agar pendidikan dijadikan prioritas. Makanya ketika di Dinas Pekerjaan Umum saja hanya mendapatkan alokasi anggaran Rp 76 miliar dan Dinas Kesehatan Rp 40 miliar. Tetapi Dinas Pendidikan mencapai Rp 147 miliar.

“Maka saya mengingatkan, karena kita tahun ini memfokuskan pada bidang pendidikan, nantinya akan ada anggaran kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain akan digeser ke Dinas Pendidikan. Makanya pesan saya pada Kepala Desa dan Lurah yang ada di Kecamatan Sintang, segera sampaikan usulan kegiatan pada bidang pendidikan untuk tahun 2023 ini. Supaya bisa dibahas dan dijadikan skala prioritas pembangunan,” pesannya.

Ia menjelaskan, da 3 OPD yang akan mendapatkan tambahan dana. Yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. “Itu perintah dari pusat. Harapannya dunia pendidikan akan semakin baik di masa depan,” ujarnya.