Sekda Sintang: Usulan Musrenbang Harus Menyentuh Kepentingan Dasar Masyarakat

oleh
Yosepha Hasnah, Sekda Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah berpesan pada para Kepala Desa (Kades) agar usulan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) harus betul-betul berpihak pada kepentingan masyarakat.

“Kegiatan yang diusulkan sifatnya seperti kebutuhan dasar. Tentunya harus betul-betul menyentuh pelayanan umum masyarakat. Dan nantinya diharapkan outputnya adalah mendongkrak status desa masing-masing. Karena ada desa yang berstus tertinggal, berkembang dan yang akan kita kejar adalah desa maju,” kata Yosepha saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Sungai Tebelian, Rabu 8 Februari 2023.

Oleh karena itu, kita mengusulkan pembangunan tidak perlu terlalu banyak, karena memang anggaran yang ada terbatas.

“Jadi usulkan lima atau enam kegiatan, tapi betul-betul yang menyentuh kebutuhan dasar pelayanan langsung kepada masyarakat. Itu yang wajib masuk dalam prioritas pertama. Untuk prioritas dua, silakan Bapak Ibu pilih sesuai kebutuhan di desa masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan Yosepha, usulan Musrenbang harus banyak diprioritas dua karena ada dana dari kuar Kabupaten Sintang. Seperti dana dari Pemerintah Provinsi Kalbar maupun pemerintah pusat. Ketika nanti nanti ada kegiatan, yang diambil adalah usulan yang masuk prioritas satu atau dua.

“Sekarang semua usulan sudah terpusat SIPD. Jika dulu ada anggapan bahwa Musrenbang itu percuma atau Musyawarah Keren Hasil Ngambang, mungkin ada benarnya. Tapi yang harus dipahami sekarang, jika banyak kegiatan masuk namun tidak termuat dalam prioritas satu atau dua, maka akan sulit dilaksanakan,” jelasnya.