Bupati Apresiasi Kegiatan Donor Darah LPM Binjai Betalau

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau kegiatan donor darah di Binjai Hulu.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri kegiatan donor darah di Aula Kantor Camat Binjai Hulu, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Selasa, 14 Februari 2023.

Kegiatan tersebut digelar oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Binjai Betalau yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sintang. Kegiatan donor darah dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap ibu dan anak agar tidak terjadi anemia serta dalam rangka pencegahan stunting di Kecamatan Binjai Hulu.

Usai meninjau pelaksanaan donor darah, Jarot juga menyaksikan hasil lomba memasak para Ibu-ibu PKK Desa se-Kecamatan Binjai Hulu. Selanjutnya, Jarot menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba masak.

Jarot mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh LPM Binjai Betalau karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Terlebih ketersediaan akan stok darah yang cukup tentunya sangat diperlukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.

Ketua LPM Binjai Betalau, Sudita berharap kegiatan donor darah yang dilaksanakan bisa membantu menurunkan angka kematian ibu dan anak. “Seperti kata Pak Bupati, stok darah yang ada bukan hanya untuk kami di sini saja. Tapi juga untuk masyarakat lain, mereka sering minta ke kami,” ujarnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sintang, Helmi menyampaikan bahwa kegiatan donor darah merupakan salah satu inovasi dari LPM Binjai Betalau dalam rangka untuk membantu para ibu-ibu yang akan melahirkan yang mengalami kekurangan darah.

“Darah para pendonor ini nantinya akan dikirim dan disimpan di RSUD Ade M Djoen Sintang untuk digunakan bagi pasien yang membutuhkan darah, serta juga membantu kekurangan stok darah di Kota Sintang. PMI Sintang mengucapkan terimakasih kepada para pendonor yang telah berpartisipasi dalam rangka donor darah LPM Binjai Betalau ini, semoga apa yang didonorkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.