Wabup Dukung Wacana Penggunaan Batik Khas Sintang untuk ASN

oleh
Wabup Sintang Melkianus menggunakan rompi dari tenun ikat khas Sintang. Ia menyatakan sangat mendukung penggunaan bahan tenun lokal untuk dijadikan batik daerah bagi para ASN.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang mendukung wacana penggunaan batik khas Sintang untuk Aparatur Sipil Negera (ASN) setiap hari Kamis.

“Saya setuju setiap hari Kamis seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang diwajibkan menggunakan baju yang dibuat dari bahan batik khas Kabupaten Sintang dan dibuat oleh warga Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Melkianus saat menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sintang pada Jumat, 17 Februari 2023 di Pendopo Bupati Sintang.

Ia menegaskan bahwa penggunaan baju batik khas Sintang ini diperlukan untuk memperkenalkan motif batik Sintang kepada masyarakat luas. Serta untuk memperkuat kebersamaan dan kekompakan ASN Pemkab Sintang.

Oleh karena itu, kata Melkianus, usulan dan saran kepada Pemkab Sintang soal penggunaan baju batik khas Sintang ini sangat perlu diterima. “Saya tentunya sangat mendukung,” katanya lagi.

Ia melihat selama ini ASN Pemkab Sintang sudah banyak yang menggunakan baju batik khas Sintang. “Hanya saja menurut saya ke depan perlu diseragamkan lagi motifnya,” katanya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus menjelaskan Kabupaten Sintang ini memiliki produk unggulan yang salah satunya adalah tenun ikat. Dekranasda Sintang selaku mitra Pemkab Sintang dalam mengembangkan kerajinan yang ada di Kabupaten Sintang.

“Maka salah satu program kami adalah menghimbau dan mendorong Pemkab Sintang untuk mewajibkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memakai baju batik khas Sintang seperti tenun ikat Sintang setiap hari kamis,” katanya.