Wabup Sintang Harapkan Dekranasda Tingkatkan Kreativitas untuk Mengembangkan Pengerajin

oleh
Wabup Sintang Melkianus menghadiri pelantikan Dekranasda Kabupaten Sintang periode 2021-2026.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus berharap pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrenasda) yang telah dilantik mempunyai kreativitas tinggi dalam mengembangkan para pengerajin di Bumi Senentang.

Harapan itu disampaikan Melkianus saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang periode 2021 – 2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Jumat 17 Februari 2023.

Para pengurus Dekranasda ini dilantik langsung oleh Ketua Dekranasda Sintang, Ny Rita Cendanawangi. Kemudian dilakukan pula penyerahan bantuan mesin jahit kepada Organisasi Wanita Pekarya Desa Umin Jaya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Lismaryani Sutarmidji, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Forkopimda dan banyak undangan lainnya.

Dikesempatan itu, Melkianus juga mengucapkan Selamat kepada pengurus Dekranasda Sintang yang baru dilantik. Menurutnya, Dekranasda sebagai suatu organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk melestarikan warisan tradisi dan budaya yang tercermin dari berbagai produk kerajinan di daerah.

“Di Kabupaten Sintang, ada produk unggulan berupa kain tenun ikat, anyaman dari rotan, dan anyaman dari bambu. Semoga bisa dibina oleh Dekranasda,” harapnya.

Politisi dari daerah perbatasan ini juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang mendukung penuh aktivitas dekranasda dalam melaksanakan program kegiatan Dekranasda di Sintang.

“Semoga semakin tergali lagi karya cipta dan produksi para pengrajin dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat,” harapnya.