Wabup Sintang: Mengelola ADD itu Simpel, Jangan Dianggap Milik Kita

oleh
Wakil Bupati Sintang Melkianus saat membuka Musrenbang Kecamatan Serawai.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengatakan bahwa mengelola Anggaran Dana Desa atau (ADD) sebenarnya sangat simpel. Poin pentingnya adalah gunakan dana tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebenarnya simpel saja mengelola ADD, jangan dianggap seperti milik kita semua. Yang untuk membangun, gunakan untuk membangun. Jangan disalahgunakan,” tegas Melkianus saat saat membuka Musyawarah Kegiatan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Serawai pada Kamis 16 Februari 2023.

Ia mengatakan, dirinya selaku Wakil Bupati yang bertugas dalam hal pengawasan, sudah memproses beberapa laporan penyimpangan pengelolaan anggaran dana desa. Oleh karena itu ia meminta agar kepala desa bisa mengelola ADD sesuai aturan yang ada.

“Dana yang diberikan oleh pemerintah pusat dan kabupaten untuk dikelola oleh pemerintah desa. Tolong digunakan dan dikelola sebaik-baiknya,” pesan Melkianus.

“Yang menjadi hak aparatur desa silakan diambil. Dan yang menjadi hak masyarakat desa, berikan dengan baik dalam berbagai bentuk kegiatan dan pembangunan,” tegasnya.

Melkianus juga mendorong istri kepala desa agar mengingatkan suaminya agar hati-hati dalam mengelola ADD ini. “Sudah banyak kasus soalnya. Saya akan terus mengingatkan aparat desa dalam mengelola ADD ini,” ujar Melkianus.

Sementara itu, di Kabupaten Sintang ada beberapa kasus Kades dipenjara karena melakukan dugaan tindak pidana korupsi ADD. Salah satunya dugaan korupsi ADD Desa Senibung Kecamatan Ketungau Hilir. Kemudian dugaan korupsi ADD Desa Tontang Kecamatan Serawai dan penyelidikan dugaan korupsi ADD Desa Riam Kijang.