Pemkab Sintang Targetkan Turunkan Angka Stunting Hingga 14 Persen

oleh
Sambutan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J saat Lokakarya untuk menyusun mekanisme dan instrumen Monitoring Evaluasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang menargetkan penurunan angka stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen. Angka tersebut sesuai dengan target penurunan stunting nasional.

Target itu disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J saat Lokakarya untuk menyusun mekanisme dan instrumen Monitoring Evaluasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang di Aula Serantung Waterpark pada Rabu, 8 Maret 2023.

Dengan adanya target tersebut, Yustinus menegaskan bahwa kinerja TPPS Kabupaten Sintang perlu diperkuat. Selain itu evaluasi juga hal penting. “Maka kita hari ini menyusun mekanisme dan instrument untuk kita melakukan monitoring dan evaluasi kinerja. Sehingga kinerja tim dalam upaya penurunan stunting semakin optimal,” ujarnya.

Dikatakan Yustinus, stunting ini mengancam kualitas sumber daya manusia Kabupaten Sintang di masa yang akan datang. “Oleh karena itu pencegahan stunting hendaknya dimulai dari dalam keluarga,” katanya.

Yustinus mengungkapkan, hingga saat ini sudah membentuk 14 TPPS Kecamatan dan 407 TPPS di kelurahan desa se Kabupaten Sintang. Dengan memiliki TPPS yang banyak dan lengkap ini, diharapkan upaya percepatan penurunan stunting bisa dicapai sesuai target di tahun 2024 adalah 14 persen.

“Maka saya mendukung, kalau hari ini dilaksanakan lokakarya untuk menyusun mekanisme dan instrumen monitoring evaluasi kinerja TPPS Kabupaten Sintang. Dengan harapan target penurunan angka stunting di Kabupaten Sintang akan tercapai,” katanya lagi.

Dikatakan Yustinus, dalam menurunkan stunting evaluasi bisa dilakukan menyeluruh, mulai dari TPPS di Kabupaten Sintang sampai TPPS di desa kelurahan.