Bupati Sampaikan Capaian Sintang saat Musrenbang Tingkat Kabupaten Sintang

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Gubernur Kalbar saat menghadiri Musrenbang Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Sintang tahun 2023 di Gedung Pancasila, Selasa 14 Maret 2023. Musrenbang tersebut dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Saerah (RKPD) tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat M Kebing L, Wakil Ketua DPRD Sintang, fokopimda serta banyak undangan lainnya.

Dikesempatan itu, Jarot menyampaikan capaian pembangunan di Kabupaten Sintang. Ia menyebut angka-angka pembangunan Sintang meningkat. Baik itu pertumbuhan ekonomi, penurunan inflasi dan angka stunting hingga angka kemiskinan.

“Ini semua karna kita berhasil meningkatkan status desa kita sekarang. Jadi ada 65 desa mandiri serta banyak desa yang yang sudah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF (open detefication fication free),” ungkapnya.

Untuk infrastruktur, Jarot berharap akses ke Senaning Kecamatan Ketungau Hulu bisa tembus lewat Pintas Keladan.

“Hanya saja listrik di Kabupaten Sintang baru 58 persen, banyak desa masih gelap gulita. Ini lagi minta bantuan dari gubernur untuk menambahkannya. Tahun ini kita usaha 50 desa desa bisa terang,” ujarnya.

Selain itu, kata Jarot, Kabupaten Sintang juga sudah mendapatkan SK hutan adat dari Presiden. “Jadi jaga hutan kita supaya masyarakat bahagia hidup di hutan mereka,” pesan Jarot.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memuji
progres pembangunan dibeberapa bidang mencapai hasil yang baik. Ia menyebut, Sintang progres nya ada peningkatan.

Ia berharap Sintang akan menjadi semakin maju. Saat ini kita berpacu memperbaiki indeks pembangunan manusia. Dengan meningkatkan indeks daya saing kita. Sehingga tetap menaiutum investasi.