Puan Maharani: Waterfront Sintang Keren Banget

oleh
Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau Waterfront Sintang sebelum seremonial peresmian didampingi Ketua Komisi V DPR RI Lasarus.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Waterfront Sintang di Sungai Durian, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Minggu 19 Maret 2023. Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti.

Kedatangan Puan Maharani di Sintang, Kalimantan Barat, disambut dengan hujan gerimis. Begitu tiba di Waterfront Sintang, Puan Maharani yang didampingi Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua DPD PDIP Kalbar Lasarus langsung menuju papan informasi proyek Waterfront Sintang. Kemudian berfoto di Waterfront Sintang dengan latar Bukit Kelam dan Saka Tiga yang indah.

“Syukur Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bisa hadir dalam acara yang sangat baik ini. Tadi saya datang hujan rintik-rintik. Alhamdulillah ketika saya akan meresmikan Waterfront Sintang ini hujannya berhenti. Ini artinya atau tanda-tanda bahwa Waterfront Sintang ini Insha Allah akan bermanfaat bagi masyarakat Sintang,” ujar Puan mengawali sambutan.

Ia mengatakan, setiap kabupaten atau suatu wilayah memerlukan icon. Ketika datang ke daerah tertentu, pasti ada icon yang harus didatangi. Untuk Kabupaten Sintang, salah satu icon-nya adalah Bukit Kelam.

“Saat dalam perjalanan menuju Waterfront saya bertanya ke Pak Lasarus. Kalau datang ke Sintang harus lihat apa? Beliau menyebutkan yaitu Gunung Kelam yang ada di belakang saya ini. Makanya ketika datang, saya langsung foto dengan dengan latar sungai dan Gunung Kelam karena khawatir hujan,” kata Puan.

“Kemudian, kalau datang ke Sintang lihat apa lagi? Ternyata sebaiknya melihat Rumah Betang, nanti saya akan ke sana. Selanjutnya yang harus dilihat adalah Waterfront Sintang. Ini yang akan saya resmikan. Tiga ini sudah mencerminkan Sintang. Selain itu ada juga Keraton Sintang,” ujarnya.

Menurut Puan, dengan adanya icon maka branding dari suatu kota atau daerah akan lebih kuat. Contohnya Jakarta dengan Tugu Monas.

“Jadi pas saya lihat Waterfront Sintang, benar ya, ternyata ini keren banget. Bagus banget Waterfront Sintang. Ini bisa jadi tempat rekreasi masyarakat, bisa jalan-jalan maupun olahraga di sini,” kata Puan.

Dikatakannya, Waterfront merupakan salah satu kegiatan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR untuk menata kawasan kumuh. Apalagi kadang-kadang sungai ini sering banjir. “Walaupun ini bangunan ini tidak bisa menahan banjir karena daerahnya sering pasang, tapi paling tidak dengan adanya ini tidak langsung menerpa pemukiman masyarakat,” harapnya.