Resmikan Waterfront Sintang, Puan Maharani: Jaga Fasilitas ini Bersama-sama

oleh
Ketua DPR RI Puan Maharani menyapa masyarakat Sintang ketika hendak meresmikan Waterfront Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG РKetua DPR RI Puan Maharani menyampaikan banyak pesan pada Pemda Sintang maupun masyarakat saat meresmikan Waterfront Sintang, Minggu 19 Maret 2023. Salah satunya adalah agar selalu menjaga kebersihan.

“Saya berharap setelah Waterfront diserahkan ke Pemda, karena akan menjadi salah satu icon Sintang, Pak Bupati beserta seluruh jajarannya bisa menjaga fasilitas ini bersama-sama. Ini bukan hanya tanggung jawab Pemda, tapi juga masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang ini,” pesan Puan Maharani.

Yang harus dijaga itu, kata Puan, pertama adalah kebersihannya. Jangan sampai membuang sampah sembarangan, apakah di pelataran Waterfront maupun di Sungai.

“Ini sangat penting ya. Dan penataan ini tentu berlanjut. Biasanya tempat rekreasi harus disiapkan toilet yang bersih. Kalau ndak ada toilet, gimana masyarakat yang habis olahraga atau kumpul-kumpul dengan saudara ketika ingin buang air? Ini harus disiapkan,” sarannya.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah penataan pedagang kaki lima (PKL). Jangan sampai PKL berjualan sembarangan.

“PKL harus ditata dengan baik. Selain itu, kalau ada PKL haruslah diwanti-wanti agar tidak membuang sampah sembarangan. Disiapkan juga sarana air bersih. Jangan sampai air untuk mencuci gelas piring sendok maupun garpu merupakan air kotor. Nah, keberlanjutan dari waterfront Sintang bisa segera dilakukan,” katanya.

Puan menegaskan, selanjutnya Waterfront Sintang harus membudidayakan gaya hidup yang ramah lingkungan. Serta menjunjung tinggi toleransi antara kita semua. “Jangan sampai ketika berkumpul bersama-sama lalu terjadi suatu hal yang tidak diinginkan,” pesan Puan.

Dikesempatan itu, Puan juga mengapresiasi Ketua Komisi V DPR RI Lasarus atas usulan pembangunan Waterfront Sintang. “Fasilitas ini penting terkait ruang terbuka hijau untuk masyarakat berkumpul di Sintang,” ujarnya.