Daftar Bacaleg ke KPU, PDIP Sintang Targetkan 10 Kursi

oleh
Keterengan pers DPC PDIP Sintang usai mendaftarkan Bacaleg ke KPU Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Partai Demokrasi Indonsia Perjuangan (PDIP) Sintang resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024 ke KPU Sintang, Kamis 11 Mei 2023.

Pendaftaran Bacaleg dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDIP Jeffray Edward bersama pengurus. Tampak sejumlah Bacaleg menggunakan pakaian adat ketika mengikuti pendaftaran itu.

Ketua DPC PDIP Sintang, Jeffray Edward mengatakan bahwa bacaleg yang didaftarkan ke KPU Sintang sesuai dengan surat dari DPP yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen.

“Total bacaleg yang didaftarkan berjumlah 40 orang dengan pemenuhan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Dari 6 Dapil yang kami daftarkan Bacaleg-nya, berkas dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Sintang,” kata Jeffray.

Ia mengatakan, proses pendaftaran Bacaleg dilakukan secera online melalui sistem internal partai dan melalui Silon KPU Sintang. “Setelah pendaftran bacaleg ini kami siap mengikuti proses selanjutnya di KPU, jika ada perubahan kami siap menyesuaikan,” ujar politisi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sintang ini.

Targetkan 10 Kursi DPRD

Dikesempatan itu, Jeffray juga mengungkapkan target DPC PDIP Sintang pada Pileg 2024 mendatang yakni sebanyak 10 kursi DPRD.
“Sintang Kota kita targetkan 2 kursi. Di Dapil ini ada penambahan kekuatan dari Pak Yohanes Rumpak yang diharapkan menambah kursi. Incumbent juga ada di Dapil Sintang Kota, Pak Welbertus,” ungkapnya.

Kemudian untuk Dapil Sintang 2, sambung Jeffray, juga ditargetkan dua kursi. Kemudian Dapil Sintang 3, target adalah mempertahankan dua kursi yang ada. Selanjutnya Dapil Sintang 4, target 1 kursi. Dapil 5 juga ditargetkan 1 kursi.

“Sebelumnya kita tidak mendapatkan kursi di Dapil 5. Dengan kekuatan yang ada dan didukung Caleg potensial diharapkan bisa mendapatkan 1 kursi, walaupun memang alokasi kursi keseluruhan berkurang dari 4 menjedi 3 kursi saja,” katanya.

Terakhir, untuk Dapil 6 diharapkan bisa mendapatkan 2 kursi. “Kita optimis target 10 kursi tercapai. Karena kita sudah seleksi secara ketat melalui penjaringan dan verifikasi partai,” ujar Jeffray.