Berlangsung 5 Hari, Pekan Gawai Dayak Sintang ke X Resmi Dimulai

oleh
Foto bersama usai pembukaan Pekan Gawai Dayak Sintang ke X tahun 2023 di Rumah Betang Tampun Juah.

BERITA-AKTUAL.COM – Pekan Gawai Dayak Sintang ke X tahun 2023 resmi dimulai Kamis 6 Juli 2023. Pembukan gawai ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Ketepung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus.

Pekan Gawai Dayak Sintang akan berlangsung di Rumah Betang Tampun Juah Desa Jerora 1 Kecamatan Sintang. Kegiatan akan dilaksanakan selama lima hari, yakni 6-10 Juli 2023.

Menurut ketua panitia Abdul Syufriadi, banyak kegiatan yang dilaksanakan selama Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun ini. Diantaranya ritual adat Pemotongan Pagar Ompong, Adat Melet Batu dan Pembukaan Tuak Pemali. Ada juga anek lomba seperti nangkap babi, pangkak gasing, menyumpit, Bujang Dara Gawai, fashion show, lomba lagu daerah, pawai budaya hingga malam hiburan.

“Semua kegiatan ini diikuti oleh DAD 14 kecamatan. Tema gawai adalah Dayak Bersatu, Dayak Maju, Dayak Bermartabat, Dayak siap menjadi bagian dari IKN,” jelasnya.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang Jeffray Edward mengatakan bahwa kegiatan Gawak Dayak sangat dinantikan oleh seluruhmasyarakat Kabupaten Sintang. Gawai Dayak merupakan ungkapan syukur pada Tuhan atas berkat selama setahun sekaligus mendoakan kegiatan kita selanjutnya.

“Selain itu dalam Gawai ada makna gotong royong, saling membantu dalam kegiatan berladang seperti menebas, nebang, nugal hingga panen. Demikian juga dengan gawai ini, semua dilakukan dengan gotonh royong. Maka saya mohon dukungan dari semua masyarakat Dayak Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Ia mengatakan, Gawai Dayak tahun ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan di Rumah Betang Tampun Juah walaupun kondisinya masih banyak keterbatasan. “Oleh karena itu kita minta Pemda Sintang dapat menyelesaikan fasilitas Betang yang belum dibangun di tempat ini,” harapnya.