Lasarus Harapkan Gawai Dayak tak Sekedar Seremonial, tapi Harus Memberikan Manfaat

oleh
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus menyampaikan sambutan saat pembukaan Pekan Gawai Dayak Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus berharap pelaksanaan Gawai Dayak tidak sekedar seremonial saja. Tapi harus bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

“Kalau hanya seremonial, ini tidak lebih dari pesta yang menguras dana, pesta yang menguras tenaga,” kata Lasarus saat menghadiri Pekan Gawai Dayak ke X tahun 2023 di Rumah Betang Tampun Juah, Kamis 6 Juni 2023.

Ia mengatakan, salah satu manfaat Gawai Dayak adalah menjadi media untuk memasarkan atau mengenalkan makanan khas Dayak. Manfaat lain adalah mempererat silaturahmi, kebersamaan, persatuan, solidaritas untuk saling menopang satu sama lain.

Politisi PDI Perjuangan ini bercerita, dulu ketika dirinya bekerja di perusahaan kayu, Elyakim Simon Jalil (mantan Bupati Sintang) meminta dirinya pulang ke Sintang.

“Saya jawab, Pak nanti saya makan apa? Nanti aku bantu ngidup kau di Sintang. Ada sejarah hidup saya yang ditopang Pak Simon. Kalau tidak ada Pak Simon, tidak ada Lasarus hari ini,” ungkap Lasarus.

“Saya bercerita seperti ini bukan ingin pamer kabaikan Pak Simon. Tapi ingin menyampaikan bagaimana Dayak itu harus bermanfaat bagi Dayak-Dayak yang lain. Jangan sampai ketika sukses hanya mengurus diri sendiri,” pesannya.

Makanya, kata Lasarus, ketika 20 ribu anggota TBBR akan bertemu Presiden Jokowi di Pontianak, saat membicarakan konsumsi ribuan orang tersebut dirinya langsung menyanggupi untuk membantu keseluruhan.

“Mengapa saya lakukan itu, itulah hal yang ditularkan Pak Simon Jalil pada saya. Saya besar karena Pak Simon dan tokoh Dayak. Setelah saya besar, saya gunakan kekuatan itu untuk menopang kita semua, sekuat dan semampu yang saya bisa,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan Gawai Dayak, Lasarus berpesan agar masyarakat bisa mengikutinya dengan suka cita. Jaga keamanan dan ketentraman selama kegiatan. Tunjukan bahwa orang Dayak beradat dan bermartabat.

“Oleh karena itu saya minta agar Gawai ini berjalan aman dan tentram,” pesannya.