8 Ruko di Sungai Durian Terbakar, Warga Lihat Meteran Listrik Mengeluarkan Api

oleh
Petugas memadamkan api yang menghanguskan 8 ruko di Sungai Durian.

BERITA-AKTUAL.COM – Ruko di kawasan Pasar Sungai Durian, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, kembali terbakar, Minggu pagi 16 Juli 2023.

Jika sebelumnya kebakaran melanda 11 ruko di Jalan Jenderal Sudirman pada 11 Juli 2023. Kali ini musibah serupa menimpa 8 unit ruko di Jalan WR Supratman.

Kapolsek Kota Sintang, Iptu Sugiyono mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 WIB. Saat itu ada ada warga yang melihat dari meteran listrik salah satu ruko mengeluarkan api, kemudian melaporkan ke Polsek.

“Menerima informasi itu, kami langsung berkomunikasi dengan pemadam kebakaran. Saat ini sekitar 8 ruko terbakar masih dalam proses pemadaman,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, ruko yang terbakar terdiri dari berbagai tempat usaha masyatakat. Diantaranya toko kelontong, toko obat serta usaha lainnya. “Ruko yang terbakar memang berada di kawasan perdagangan, jadi mereka berjualan berbagai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, saat musibah kebakaran terjadi sebagian besar toko dalam kondisi tutup. “Belum ada toko yang membuka usahanya, rata-rata bukan jam 07.00 WIB atau 08.00 WIB,” jelasnya.

Setiap musibah kebakaran terjadi selalu jadi tontonan masyarakat. Tak jarang kerumunan masyarakat menyulitkan petugas pemadam untuk memadamkan api. Terkait hal itu, Kapolsek mengatakan pihaknya selalu memberikan pemahaman pada masyarakat agar tidak terlalu dekat dengan lokasi kebakaran.

“Karena selain bisa mengganggu petugas yang memadamkan api, juga berbahaya bagi mereka sendiri. Imbauan kami, jangan terlalu dekat dengan TKP kebakaran lah,” imbaunya.