Di Kayan Hulu, HUT RI Ke-78 Diperingati dengan Pawai Destinasi Wisata Sungai

oleh
Pawai destinasi wisata sungai dalam rangka HUT RI di Kecamatan Kayan Hulu.

BERITA-AKTUAL.COM – Jika disejumlah tempat peringatan HUT RI Ke-78 dilakukan dengan pawai di jalan raya. Lain halnya dengan di Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang. Mereka malah melakukan pawai dengan menyusuri sungai.

Camat Kayan Hulu, Yudius mengatakan bahwa pawai di sungai dilakukan setelah peringatan HUT RI di lapangan. “Seusai upacara, tadi pagi kami pawai destinasi wisata sungai mulai dari jalur Sungai Tebidah dan mudik ke jalur sungai Kayan,” ungkap Yudius ketika dihubungi, Kamis sore 17 Agustus 2023.

Pawai dilakukan dengan perahu karet serta longboat. Dikesempatan itu hadir juga unsur Muspika Kecamatan Kayan Hulu. Diantaranya Kapolsek Kayan Hulu, Danramil serta pejabat lainnya.

“Pawai di sungai dalam rangka memperingati HUT RI mungkin pertama kali dilakukan di Kayan Hulu. Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT RI agar makin meriah,” katanya.

Ia mengatakan, pawai di sungai ini juga dikemas untuk ajang promosi destinasi wisata sungai di Kayan Hulu. “Karena di sini punya potensi sungai untuk arum jeram,” jelasnya.