Sekda Sintang ajak Orang Kaya Sponsori Keluarga Beresiko Stunting

oleh
Kartiyus, Sekda Sintang (di tengah).

BERITA-AKTUAL.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus mengetuk hati orang-orang di Kabupaten Sintang yang secara ekonomi mampu dan kaya untuk menjadi Bapak atau Bunda Asuh Anak Stunting di Kabupaten Sintang.

“Ini adalah cara kita gotong royong dalam menurunkan stunting di Kabupaten Sintang. Dengan menjadi sponsor bagi keluarga beresiko stunting yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui dan anak bayi dibawah dua tahun yang berasal dari keluarga miskin,”terang Kartiyus.

Menurutnya, dirinya sudah menghitung, jika satu hari diperlukan uang Rp 15 ribu per orang untuk memenuhi gizinya, maka bisa memberikan 3 butir telur, susu, makanan dan daging. Dengan angka Rp 15 ribu per hari, maka dalam satu bulan diperlukan uang Rp 450 ribu saja.

“Program ini hanya berlangsung selama 3 bulan saja untuk satu sasaran. Maka keperluan satu sasaran selama 3 bulan adalah Rp 1. 350.000 saja. Dan sponsor bisa memberikan bantuan sekaligus, bisa. Daripada setiap bulan mengirim uang, maka bisa diberikan sekaligus untuk kebutuhan 3 bulan,” terang Kartiyus.

Ia menegaskan, semua kepala OPD wajib menjadi sponsor. Ini program kemanusiaan. Untuk tahap awal, targetnya ibu hamil, menyusui dan anak bayi di bawah dua tahun yang ada di 15 desa lokus stunting yang memang sudah ditetapkan oleh Bupati Sintang.

“Desa lain nanti dulu. Karena 15 desa ini memang angka stuntingnya masih tinggi sehingga diputuskan untuk dilakukan intervensi oleh Pemkab Sintang.” tambah Kartiyus.

“Kita sudah pikirkkan untuk tidak membantu dalam bentuk uang kepada sasaran. Supaya tepat sasaran saja dan tidak disalahgunakan oleh penerima. Data penerima juga sangat valid karena by name by address. Kita sedang memfinalkan data penerima ini,” pungkasnya Kartiyus.(RILIS PROKOPIM)