Bupati Jarot Lapor Pj Gubernur, Sintang Aman, Inflasi Rendah

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Pj Gubernur Kalbar Harison.

BERITA-AKTUAL.COM – Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson yang melakukan kunjungan kerja ke Bumi Senentang, Jumat 13 Oktober 2023.

Dikesempatan itu, Bupati Sintang Jarot Winarno melaporkan bahwa kondisi Sintang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2024.

Jarot menyampaikan, inflasi di Sintang juga bisa ditangani dengan baik oleh Pemerintah Daerah bersama lembaga terkait lainnya. Bahkan, Kabupaten Sintang termasuk dalam salah satu kabupaten dengan inflasi paling rendah se Indonesia.

“Situasi ekonomi di Kabupaten Sintang baik, inflasi kita 1,86 persen. Termasuk Kabupaten terendah nomor enam se-Indonesia,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa banyak program telah dilaksanakan untuk mencegah kenaikan inflasi di Kabupaten Sintang. “Kita punya kampung sayur, kita punya pasar tani, banyak sekali kegiatan kita untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Sintang. Kita kerja kolaborasi untuk mengatasi inflasi,” ujarnya.

Kemudian, mengenai stunting di Kabupaten Sintang saat ini terendah se-Kalimantan Barat. Kedepan Sintang menargetkan kita stunting bisa dibawah 14 persen. Namun Sintang adalah daerah dengan kemiskinan ekstrim yang masih cukup tinggi. Yakni terbanyak nomor 2 setelah Ketapang.

Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan pesan Presiden Jokowi, salah satunya agar daerah mengendalikan inflasi. Ia kemudian berterimakasih kepada Bupati Sintang dan Sekda Sintang selaku Ketua TPID Kabupaten Sintang yang sudah mengendalikan inflasi dengan baik.

Selain itu, penurunan stunting juga harus jadi perhatian. Ia juga yakin target Sintang pada tahun 2024 stunting turun ke 14 persen akan tercapai.