Cegah DBD, Bupati Jarot Launching Gertak Kesak

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno melaunching program Gertak Kesak untuk mencegah DBD.

BERITA-AKTUAL.COM – Bupati Sintang, Jarot Winarno Gerakan Serentak dan Kolaboratif Eleminasi Sarang Nyamuk (GERTAK KESAK) di SDN 4 Masuka, Kelurahan Kapuas Kaman Hilir, Kecamatan Sintang, Sabtu 14 Oktober 2023.

Hadir saat launching diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Kartiyus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Edy Harmaini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang Siti Musrikah, Camat Sintang Tatang Supriyatna, Kepala Puskesmas Sungai Durian dr Haryono Linoh serta para guru dan siswa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi meningkatnya penderita Demam Berdarah Degue (DBD). Mengingat kasus serta kematian akibat DBD khususnya di wilayah kecamatan Sintang cukup tinggi. Sehingga dipandang perlu melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang bersifat massif serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

GERRTAK KESAK terdiri dari kegiatan Gerakan Masyarakat Anti Jentik (GEMA ANTIK) dan Gerakan Masyarakat dan Sekolah Sadar lingkungan (GEMAS DARLING).

Pada kesempatan ini dibagikan secara simbolis bubuk abate kepada perwakilan masyarakat sekitar. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan fogging di lingkungan sekolah, yang dibantu oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang.

Bupati Sintang Jarot Winarno menegaskan bahwa hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah DBD adalah melakukan pemberantasan sarang nyamuk sesuai anjuran pemerintah. Salah satunya dengan menguras tempat penampungan air, membuang atau mengubur sampah penyimpanan barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Serta menabur bubuk abate.