Hadiri Peresmian Gereja di Empaci, Lasarus Minta Umat Perhatikan Komunitas Gereja

oleh
Uskup Sintang meresmikan Gereka Katolik Santa Clara Stasi Empaci.

BERITA-AKTUAL.COM – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus menghadiri peresmian Gereja Katolik Santa Clara Stasi Empaci Paroki Santo Petrus Dedai, Minggu 15 Oktober 2023.

Gereja diresmikan oleh Uskup Keuskupan Sintang, Mgr Samuel Oton Sidin O.F.M. Cap. Sementara Lasarus melakukan pengguntingan pita pintu masuk gereja

Lasarus mengaku sangat mengetahui sejarah awal pembangunan gereja Santa Clara Stasi Empaci. Pembangunan gereja tersebut memang sudah dilakukan sejak lama. Saat itu, dirinya hanya berkontribusi membeli 100 zak semen.

“Kadang memulai sesuatu memang susah. Makanya saat itu saya bilang, mulai saja dulu. Akhirnya dimulai pembangunan meski seadanya. Setelah cukup lama dibangun, tadi saya lihat gereja ini cukup layak digunakan, tapi flafon masih bermasalah, dan saya siap membantu untuk memperbaikinya,” ujar Lasarus.

Mengenai bangunan lama, saya minta gedung lama tidak dibongkar. Karena bisa dimanfaatkan untuk kegiatan Orang Muda Katolik (OMK).

“OMK di sini harus ada kegiatan. Kemarin saya menghadiri Ekaristi Kaum Muda di Sekadau yang dihadiri 500 lebih peserta. Biasanya, kalau diundang kegiatan dengan peserta anak muda yang banyak, saya selalu berusaha hadir. Karena menurut saya, anak muda harus dibina, harus kita didampingi dalam masa tumbuh kembang mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, gereja yang berkembang pasti pembinanaan pemudanya bagus. Jika pembinaannya tidak bagus, pasti gereja tidak berkembang. Umatnya cenderung tidak bertambah. “Makanya saya minta gedung ini tidak dibongkar, nanti saya siap memperbaikinya supaya layak digunakan,” kata Lasarus.

Dikesempatan itu, Lasarus meminta umat memperhatikan seluruh komunitas gereja yang ada, itu perlu dilakukan dalam rangka memperkuat pelayanan.