Agar Tidak Punah, Sekda Kartiyus Dorong Budidaya Ikan Jelawat

oleh
Ikan jelawat, salah satu jenis ikan yang sangat enak untuk dikonsumsi. Pemda mendorong agar ikan ini dibudidaya untuk mencegah kepunahan.

BERITA-AKTUAL.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Sintang, Kartiyus mendorong Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang untuk melakukan budidaya ikan Jelawat.

Agar budidaya ikan Jelawat tersebut bisa berhasil dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Kartiyus menyatakan siap untuk memberikan dukungan anggaran yang diperlukan.

Permintaan Kartiyus agar budidaya ikan Jelawat dilakukan bukannya tanpa alasan. Langkah itu perlu dilakukan agar ikan jelawt tidak punah. Mengingat, ikan Jelawat merupakan salah satu ikan ikon Sintang. Bahkan telah dimasukan ke dalam lambang daerah Kabupaten Sintang bersama Tengkawang, mandau, perisai dan lainnya.

“Saya sedih saat ini susah sekali menemukan ikan Jelawat di Kabupaten Sintang. Padahal dulunya ikan jelawat ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Kabupaten Sintang dan mudah didapatkan. Sehingga ikan Jelawat dimasukan oleh para penggagas untuk dimasukan dalam lambang daerah Kabupaten Sintang,” ungkap mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapped) Kabupaten Sintang ini.

Karena semakin sulit didapat, kata Kartiyus, Pemda tidak bisa menyajikan ikan Jelawat sebagai salah satu menu khas Sintang kalau ada tamu-tamu yang datang ke Bumi Senentang.

“Padahal kita dengan bangga memasukan ikan jelawat ke dalam lambang kita. Jangan sampai ada sayembara untuk merubah lambang daerah hanya karena ikan jelawat sudah punah. Kita coba melakukan upaya budidaya ikan jelawat terlebih dahulu. Semoga budidaya ikan jelawat berhasil. Sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan ikan mudah di pasaran,” terang Kartiyus.