Cegah Stunting, Wabup Sintang Dorong Semua Desa ODF

oleh
Melkianus, Wakil Bupati Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Untuk mencegah stunting, Wakil Bupati Sintang Melkianus mendorong semua desa di Bumi Senentang bebas Open Defecation Free atau tidak lagi buang air besar sembarangan.

“Saya ingin kita terus mendorong agar semakin banyak desa yang bisa ODF. Makanya saya masih belum puas soal jumlah desa yang sudah ODF saat ini. Kita ini punya 391 desa. Yang sudah ODF baru sekitar 100 desa saja. Padahal ODF ini salah satu faktor penyebab terjadinya stunting,” ujar Melkianus.

Menurut Melkianus, dirinya ingin desa bebas ODF agar tidak stunting dan semua anak tumbuh kembang dengan sehat. Agar anak-anak Sintang bisa mengukuti test berbagai lembaga, baik itu menjadi TNI, Polri atau sekolah kedinasan lainnya.

“Ke depan, ada banyak anak-anak di pedalaman dan perbatasan bisa lolos seleksi anggota TNI dan Polri karena sudah tidak stunting lagi. Masalah selama ini kan, tidak lolos seleksi anggota TNI dan Polri karena tinggi badan yang kurang,” jelasnya.

Sementara itu, Pemda Sintang telah mengesahkan dan menandatangani dokumen Mekanisme dan Instrumen untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang.

Melkianus mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan bekerja keras menyusun Mekanisme dan Instrumen Untuk Monev Kinerja TPPS Kabupaten Sintang sehingga dokumennya selesai.

“Semoga kedepan bisa dijadikan acuan bagi TPPS Kabupaten Sintang, Kecamatan dan desa untuk melakukan evaluasi program penurunan stunting,” harapnya.