Wabup Melkianus: Sintang Kejar Target Penurunan Stunting Hingga 14 Persen

oleh
Wakil Bupati Sintang Melkianus menerima draf Finalisasi Penyusunan Mekanisme dan Instrumen untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengungkapkan bahwa angka stunting di Kabupaten Sintang saat ini terendah se Kalimantan Barat (Kalbar) yakni tersisa 18,67 persen.

Namun Pj Gubernur Kalbar mendorong dan menargetkan agar angka stunting di Kabupaten Sintang pada tahun 2024 bisa turun lagi menjadi 14 persen.

“Saya bangga bangga stunting Sintang paling rendah se – Kalbar. Namun kita masih punya PR, yakni harus menurunkan 4 persen lagi angka stunting dalam satu tahun. Ini tantangan bagi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang,” kata Melkianus.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Lokakarya Finalisasi Penyusunan Mekanisme dan Instrumen untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang di Hermes Sky Garden Hotel My Home Sintang, Kamis 19 Oktober 2023.

Dikesempatan itu, Melkianus juga meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar terus bekerja menjalankan program untuk menurunkan stunting. Ia juga mengharapkan dukungan akademisi untuk terus membantu kami.

“Seperti dari Universitas Muhammadiyah Pontianak Kelas Sintang, Sekolah Tingi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) dan Universitar Kapuas (Unka Sintang), saya minta agar terus membantu kami untuk menjalankan program menurunkan stunting ini,” pintanya.

Ia berharap kerjasama dan saling mendukung agar dijaga, diteruskan dan bahkan diperkuat untuk terus menurunkan stunting dan membangun sumber daya manusia di Kabupaten Sintang.

Melkianus mengungkapkan, Sintang juga
akan menjadi tempat belajar bagi kabupaten lain dalam hal cara dan strategi menurunkan stunting ini.