Pj Gubernur Harisson Jadi Irup HUT ke-20 Kabupaten Sekadau

oleh
Pj Gubernur Kalbar, Harisson dan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Windy Prihastari berfoto bersama usai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Sekadau

PONTIANAK, BERITA-AKTUAL.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengatakan, perjuangan dalam membangun Kabupaten Sekadau belumlah selesai. Untuk itu, dirinya mengajak semua pihak, terus bersinergi dalam mengisi pembangunan, serta mensejahterakan masyarakat.

Perihal itu disampaikan Harisson saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Sekadau, Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Senin (18/12).

“Sesuai dengan tema HUT kali ini yaitu bersatu, bergerak, dan bermartabat, mari kita bersinergi bersama dalam mempercepat pembangunan, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sekadau,” ujar Harisson.

Atas nama Pemprov Kalbar, Harisson mengatakan dirinya mengucapkan selamat kepada Pemkab Sekadau, dan seluruh masyarakat yang hari ini penuh suka cita, kegembiraan dalam menyambut HUT ke-20 Kabupaten Sekadau.

Selain itu, dirinya selaku wakil pemerintah pusat juga mengatakan, di daerah merasa perlu menyampaikan delapan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang harus menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah.

“Mulai dari pengentasan stunting, pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ekstrim, dan pemberian izin investasi yang tidak berbelit-belit,” terangnya.

Dirinya mengatakan, lakukan intervensi apabila ada potensi harga bahan pokok naik dengan cara menggunakan anggaran tak terduga serta intensifkan kerja sama daerah. Selain itu, sesuai arahan presiden, pemerintah daerah juga harus memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri.

Selanjutnya kabupaten/kota harus mulai mendesain kotanya dengan baik, dengan manfaatkan potensi yang dimiliki. Kemudian pemerintah daerah diminta menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Tentunnya juga menjamin kebebasan beragama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan. Semoga itu semua bisa berjalan dengan baik di Kabupaten Sekadau, dan Kalbar secara umum,” pungkasnya.

Usai menjadi Irup, dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Harisson, didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalbar Windy Prihastari juga sekaligus menyerahkan bantuan kepada jajaran Pemkab Sekadau.

Bantuan itu diantaranya sarana prasarana pertanian yang terdiri dari satu paket bantuan bibit buah dan sayuran, 20 hektare kampung cabai, 17.500 kilogram benih padi, 25.000 batang bibit keladi, serta tiga unit irigasi perpompaan besar.(*)