Waspada Corona, Tapi Jangan Borong Masker

oleh
dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh mengimbau masyarakat Bumi Senentang agar waspada terhadap virus corona yang diketahui sudah menyebar di Indonesia.

Imbauan itu disampaikan menyusul diumumkannya 2 kasus corona di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. “Intinya, masyarakat tetap waspada. Tapi bukan panik. Ndak perlu lah sampai borong-borong masker di apotek/toko obat,” kata Sinto pada berita-aktual.com, Senin (2/3).

Karena, kata Sinto, masker digunakan saat seseorang sakit. Atau sedang berada di kerumunan orang banyak. “Untuk mencegah corona, yang paling penting adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Sinto.

Caranya dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kalau biasanya dua kali sehari. Dengan kondisi sekarang, lakukan lebih sering. Kemudian mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan. “Kalau itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, Sintang ini bisa amanlah,” ucapnya.

Ia memastikan, Kalbar khususnya Sintang belum ada laporan mengenai kasus positif virus corona. Meski demikian, ia mengimbau masyarakat agar mengurangi bepergian ke luar negeri. Terlebih, jika bepergian itu bukan urusan yang sangat penting. “Hindarilah bepergian ke negara yang sudah terindikasi positif corona virus,” imbau Sinto.

Dikatakannya, Kabupaten Sintang sudah mewaspadai corona sejak awal isu tersebut muncul. Mengingat Sintang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

“Makanya kita bekerjasama dengan pihak kecamatan. Sementara, untuk Puskesmas diberikan surat edaran. Kita juga bekerjasama dengan semua pihak untuk mengawasi orang yang keluar masuk Sintang. Jadi, kita betul-betul sudah waspada,” tegasnya.